Penyebab Benjolan Di Sekitar Vagina Sebelah Kiri

Memiliki keluhan dengan benjolan di sekitar vagina sebelah kiri yang tak kunjung sembuh, maka inilah kemungkinan penyebab timbulnya benjolan di sekitar vagina sebelah kiri tersebut dan cara pengobatan yang bisa anda pilih.

Meskipun benjolan tersebut tidak berbahaya, namun bukan berarti anda menyepelekannya mengingat benjolan ini patut untuk diwaspadai karena bisa menjadi gejala kondisi yang lebih serius.

Benjolan Di Sekitar Vagina Sebelah Kiri

Benjolan Di Sekitar Vagina Sebelah Kiri

Menstruasi dan persalinan merupakan bagian dari rumitnya berbagai proses yang dialami wanita, begitu pun dengan organ kewanitaan yang bisa mengalami berbagai perubahan baik karena trauma atau karena perubaan sel yang tidak diketahui penyebabnya.

Dimana kondisi ini ada kalanya menyebabkan benjolan di sekitar vagina wanita sebelah kiri dan berikut ini ada beberapa kemungkinan penyebab benjolan tersebut yang perlu diantisipasi diantaranya :

1). Infeksi

Benjolan di sekitar vagina wanita sebelah kiri bisa diakibatkan oleh berbagai jenis infeksi seperti sifilis dan herpes genital. Herpes genital biasanya ditularkan melalui kontak antar kulit orang yang telah terinfeksi sedangkan infeksi sifilis umumnya bermula dari luka yang tidak menimbulkan rasa sakit di sekitar vulva atau kemaluan.

Dimana kedua keluhan tersebut termasuk penyakit menular seksual dan perlu segera mendapatkan penanganan karena bisa menular pada bayi dalam proses persalinan.

2). Kista Bartholin

Kista pada vagina umumnya bisa terbentuk dari penumpukan lendir, akibat tersumbatnya kelenjar bartholin yang berfungsi untuk melumasi dinding vagina. Dimana kista ini biasanya muncul berupa benjolan kecil berisi cairan yang terletak pada bibir vagina.

Biasanya kondisi yang bisa berupa benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri ini umumnya tidak terasa sakit dan tidak keras serta hanya dideteksi pada pemeriksaan serviks rutin jika tidak bergejala.

Namun selain kista bartholin, benjolan di vagina wanita sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh adanya kista kelenjar gartner yang muncul setelah lahir.

3). Kanker Kemaluan

Adanya benjolan di sekitar vagina wanita sebelah kiri juga bisa menjadi salah satu gejala kanker vagina, dimana penyakit yang lebih sering menyerang wanita berusia 60 tahun ke atas ini juga bisa menyerang wanita di usia muda.

Selain adanya benjolan, gatal ataupun rasa sakit di sekitar vagina bisa menjadi gejala lain yang menyertainya. Dimana kondisi yang sangat terjadi ini umumnya bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan kanker.

Jika anda ingin terhindar dari beberapa penyebab diatas, maka ada beberapa hal yang perlu di ingat yakni tidak berganti-ganti pasangan seksual, gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan dan berkonsultasikan kondisi kesehatan ini pada dokter.

( Baca : Cara Menghilangkan Benjolan Di Sekitar Vagina Secara Alami )

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya dan telah menyimak artikel sederhana ini !

post by : Obat Herbal Leukimia Kronik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*